Rabu, 11 Januari 2012

Lingkungan Santo Yohanes Bosko  adalah salah satu lingkungan yang berada di Paroki St. Servatius Kampung Sawah – Bekasi, Keuskupan Agung Jakarta. Sebelum perubahan nama dan santo pelindung paroki dari Paroki St. Antonius Padua menjadi Paroki St. Servatius,  lingkungan Yohanes Bosko termasuk dalam teritorial Lingkungan III Paroki St. Antonius Padua, yang pada saat itu di bagi menjadi 10 lingkungan dengan menggunakan nama lingkungan I sampai X. Lingkungan III mencakup daerah Kampung Sawah sebelah Utara , Rawa Bogo dan Pedurenan sebelah Utara.

PERIODE 1996 – 2011
Pada tahun 1996 seiring dengan penggantian nama dan santo pelindung paroki menjadi Paroki St. Servatius, pada awalnya dibagi menjadi 5 Wilayah yang di dalamnya dibagi lagi menjadi lingkungan-lingkungan, yaitu : Wilayah Fransiskus, Wilayah Yohanes, Wilayah Petrus, Wilayah Maria danWilayah Andreas.

Lingkungan Yohanes Bosko adalah salah satu lingkungan yang berada di Wilayah Yohanes yang pada awalnya dibagi menjadi 6 lingkungan yaitu : Yohanes Bosko, Yohanes Penginjil, Yohanes Pembaptis, Yohanes Paulus, Yohanes Rasul dan Yohanes De Brito. 

Lingkungan Yohanes Bosko meliputi daerah Kampung Sawah dan sebagian Komplek Perumahan Puri Gading (Blok A, Blok B) dengan batas-batas:

  • Utara      :  Lingkungan Yohanes Penginjil  (gg. Rawa Cito , Jl. Raya Gerbang  Puri                                    Gading)
  • Selatan   :   Wilayah Petrus, Gg. Ninjo (Gg. H. Midi Glemer), Jl. Tambakan
  • Barat      :   Lingkungan Yohanes Pembaptis, Tambakan (sekarang perumahan Bulog                               III), Rawa Cito (Sekarang perumahan Green Park)
  • Timur    :  Wilayah Theresia, Jl. Raya Puri Gading  Boulevard

Ketua-ketua lingkungan yang pernah berkarya melayani  Lingkungan Yohanes Bosko antara lain :

  • Tahun 1996  - Tahun 1999  :  Yusuf Kinin
  • Tahun 1999 -  Tahun 2002  :  Yohanes Benyamin
  • Tahun 2002 – Tahun 2005  :  Faustinus Duriat Adi Purwanto
  • Tahun 2005 – Tahun 2008  :  Felix Harry Setiadi Pepe
  • Tahun 2008 – Tahun 2011  :  Stevanus M. Hutauruk

Dengan semakin berkembangnya jumlah umat katolik Lingkungan St. Yohanes Bosko dari tahun ke tahun hingga mencapai +  72 kepala keluarga, disepakati untuk memekarkan Lingkungan St. Yohanes Bosko dengan pertimbangan agar pelayanan kepada umat dapat berjalan lebih baik dan lebih terjangkau.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar